Khasiat dan Kegunaan Madu

Madu adalah cairan manis yang dihasilkan oleh lebah dan mengandung enzim diatase aktif.
Madu telah dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia sebagai makanan bergizi tinggi dapat digunakan dalam berbagai macam campuran makanan dan minuman, juga bisa digunakan sebagai pengawet makanan yang tidak berbahaya.

Madu juga mengandung berbagai jenis komponen yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, komponen yang dimaksud yaitu Karbohidrat, Asam amino, Mineral, Enzim, Energi, Natrium, Calcium, Sodium, Magnesium, Potasium, Kalium dan Vitamin A, B1, B2, B6, C, E, serta zat lain yang berguna bagi tubuh dan tidak terdapat dalam makanan lain.

Manfaat dari madu mempunyai khasiat :
  1. Meningkatkan daya tahan tubuh (kekebalan).
  2. Menigkatkan Gairah Sexual.
  3. Menyembuhkan darah tinggi.
  4. Memperlancar Fungsi Otak.
  5. Memperlancar produksi ASI.
  6. Sangat Baik untuk perawatan kulit.
  7. Membantu pembentukan darah, madu menyediakan banyak energi yang diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah.
  8. Membantu pembersihan darah.
  9. Berpengaruh positif untuk mengatur dan membantu peredaran darah.
  10. Pelindung untuk masalah pembuluh darah dan aterosklerosis, madu memiliki komponen yang dapat membunuh bakteri. Penelitian terbaru di New Zeland, madu dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab sakit perut dan gangguan pencernaan dalam waktu 3 hari.
  11. Madu mengandung antiseptik sehingga mampu mengobati luka luar. Luka menjadi steril setelah mendapatkan pengobatan dengan menggunakan madu selama 7 hingga 10 hari.
  12. Madu mengandung antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai patogen penyebab penyakit batuk, demam, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).
  13. Madu sebagai antioksidan. Sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya kanker. Warna madu mempengaruhi kandungan antuoksidan di dalamnya. Madu yang berwarna gelap memiliki lebih banyak kandungan antioksidan dibandungkan dengan madu yang berwarna cerah.
  14. Madu sebagi penguat jantung. Glukosa yang terkandung didalam madu menjadi sumber tenaga bagi otot jantung.
  15. Mengatasi sakit lambung dan pencernaan. Madu mengandung jenis mineral yang dapat mengurangi derajat keasaman, membantu mencegah pendarahan lambung, dan meningkatkan ph lambung. Semakin gelap warna madu maka semakin tinggi kandungan mineralnya.
Sumber dari Buku Madu sebagai Kesehatan
Semoga ada manfaatnya

No comments:

Post a Comment