Cara Membuat Blog di Blogspot

Cara Membuat Blog di Blogspot
Mungkin anda telah membaca Sejarah Blogger (Blogspot).
Salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah  blogspot atau blogger. Kenapa?, karena banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain.

Beberapa contoh kelebihan blogspot di banding yang lain, yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri, custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri. Misalkan www.chenk-rahman.blogspot.com di ubah menjadi www.chenk-rahman.com, sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot dan masih tetap gratis.

Untuk Cara Membuat Blog di Blogspot, berikut caranya :

Membuat Email

Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda harus memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di : gmail.
Karena blogger adalah salah satu layanan dari Google, maka ketika mendaftar ke blogger seharusnya menggunakan email gmail.

Daftar Blog di blogger

1. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
2. Silahkan langsung login dengan menggunakan Email serta Sandi gmail anda.
Cara Membuat Blog di Blogspot

3. Kemudian klik Ciptakan  Blog Anda.
Cara Membuat Blog di Blogspot

4. Isilah Nama Tampilan, ceklis Saya Menerima Persyaratan dan Layanan, kemudian klik Lanjutkan.
Cara Membuat Blog di Blogspot

5. Isilah nama Judul Blog serta Alamat Blog (URL) yang anda inginkan, klik Cek Ketersedian. Jika alamat blog yang diinginkan ternyata tidak bisa digunakan, masukkan kembali alamat lain yang masih tersedia, kemudian klik Lanjutkan.
Cara Membuat Blog di Blogspot

6. Silahkan pilih template yang anda sukai (template ini nanti bisa diubah lagi kapan saja anda mau), kemudian klik Lanjutkan.
Cara Membuat Blog di Blogspot

7. Blog Anda Sudah Jadi!. Silahkan lanjutkan dengan klik Mulai Blogging.
Cara Membuat Blog di Blogspot

8. Setelah masuk Posting, silahkan isi artikel anda (disarankan untuk langsung mengisi posting, biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik blogger, dan blog anda akan di lock). Klik Tombol Pratinjau untuk melihat tampilan yang nanti akan muncul di blog, lalu Terbitkan Entri jika posting anda mau dipublikasikan ke publik.
Cara Membuat Blog di Blogspot

9. Klik Lihat Entri untuk melihat blog anda.

Blog anda sudah jadi. Tunggu apa lagi? ayo mulai nge-blog...

Supaya blog anda di blogger mempunyai performa yang baik, silahkan dibaca Cara Setting Blog di Blogspot.

No comments:

Post a Comment