Sansevieria

Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing. Sansevieria dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50-75 cm dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3-6 cm. Kelompok panjang memiliki daun meruncing seperti mata pedang, dan karena ini ada yang menyebut sansevieria sebagai tanaman pedang-pedangan.

Selain sebagai tanaman hias, tanaman sanseviera berfungsi membersihkan udara dan secara alami mampu mengurangi polusi. Berdasarkan hasil penelitian mennyebutkan bahwa tanaman ini mampu menyerap lebih dari 107 unsur polutan berbahaya yang ada di udara. Kemampuan menyerap zat polutan itu, dikarenakan adanya bahan aktif pregnane glikosid pada tanaman tersebut, yang berfungsi untuk mereduksi polutan menjadi asam organik, gula dan asam amino. Hasil penelitian lain menyebutkan bahwa satu helai daun tanaman sansieviera dapat menyerap 0.938 mikrogram per jam formalheid, suatu zat yang bila terakumulasi dalam tubuh dapat mengakibatkan kanker. Dengan kemampuannya sebagai antipolutan (air freshener) sekaligus penyerap bau selama 24 jam terus menerus, letakkan sebanyak 1 atau 2 pot tanaman sanseviera untuk setiap ruangan.

Tanaman ini sangat mudah ditanam dan dipelihara, karena memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan. Tanaman sanseviera tahan terhadap kekeringan, namun dalam kondisi lembab atau basah, dapat berkembang lebih subur. Cara menanam dalam pot cukup mudah yaitu dengan memotong anakan yang sudah memiliki akar dari tanaman induknya, lalu lansung kita tanam dalam pot yang sudah diisi media tanam berupa campuran tanah, kompos dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.  Sebelum kita pindahkan ke dalam rumah biarkan tanaman di luar rumah selama 1 minggu dengan pemeliharaan cukup disiram setiap hari. Setelah seminggu dimana, kondisi tanah mulai memadat dan perakaran sudah berkembang, tanaman sanseviera dalam pot tersebut sudah dapat kita pindah ke dalam rumah. Meskipun tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari, untuk menjaga kesuburan dan penampilannya sebaiknya tanaman dikeluarkan sekali dalam seminggu untuk disiram dan mendapatkan cahaya sinar matahari. Hal ini dimaksudkan agar warna daun tidak terlalu pucat dan memudar.

Perawatan tanaman ini sangat mudah. Tidak diperlukan air atau pupuk secara berlebihan, sehingga kita tidak dibuat repot dibuatnya. Tanaman ini mampu hidup walaupun beberapa hari tidak disiram. Hanya untuk penggunaan air, sansevieria lebih menyukai media kering sehingga harus dilindungi dari air yang berlebihan saat hujan atau saat penyiraman. sanseviria dapat hidup dalam tempat yang banyak cahaya atau dalam ruangan yang intensitas cahayanya kurang. Itu sebabnya, tanaman ini dapat diletakkan di dalam atau di luar ruangan. 

Jenisnya yang beraneka ragam telah membuat para penggemarnya berkeinginan untuk mengoleksi. Bentuk daunnya ada yang kecil ada pula yang sangat besar atau ada pula yang daunnya melengkung atau ada yang menyerupai pagoda. Corak daunnya juga bermacam-macam. Ada yang berwarna hijau, atau ada yang berbintik hitam atau ada pula yang bercampur dengan warna kuning pada pinggir daun. Ini semua membuat sansevieria menjadi tanaman hias yanng pantas menghiasi tamanatau rumah anda.

No comments:

Post a Comment